Pemasangan Canopy bisa bongkar pasang
Pada prinsipnya pemasangan canopy ada 2 macam :
1. di lem. ini cara terkuat, kanopy tidak akan terlepas waktu
terbang. namun kelemahannya apabila terjadi masalah didalam canopy
seperti boneka pilotnya terlepas, maka canopy sudah tidak bisa dibuka
lagi. disamping itu bekas pengeleman akan menyebabkan cacat seperti
kabut pada kanopynya.
2. Di Baut. Cara ini juga banyak di gunakan para modeller untuk
memasang kanopy pesawatnya. Namun perlu di ingat balsa tidak dapat
menahan baut dengan baik, sehingga getaran yang terjadi pada pesawat
akan menyebabkan baut kendor dan terlepas.
ini ada sedikit trik bagaimana memasang kanopy dengan system baut,
namun memiliki kekuatan yang cukup sehingga baut tidak akan terlepas
dari kanopy
A.Trim Kanopy terhadap pesawat, pastikan kanopy sudah berada pada
posisi yang diinginkan, gunakan lakbar kertas untuk menahan canopy agar
tetap pada posisi yang di inginkan.
B. Tandai bagian bagian kanopy yang akan dilubangi untuk baut, gunakan alat yang tajam untuk menandainya.
C. Gunakan mata bor 1.5 mm, dan lubangi canopy yang telah di beri
tanda tadi, pastikan pengeboran tegak ke arah bawah sehingga kanopy
tidak akan tertekuk pada waktu pemasangan baut.
D.Pindahkan dahulu kanopynya, kemudian bor balsa dengan menggunakan mata bor 3 mm dengan kedalaman sekitar 1-1.5 mm.
E. Nah ini inti dari tripnya, gunakan nylon rod, masukan pada bagian
yang telah di bor tadi sedalam 1-1.5, potong dan lem dengan menggunakan
CA
F. Pasang kembali kanopy pada posisi, paskan nylonnya, sisakan sedikit nylon sehingga bisa berfungsi sebagai damper juga.
G. selesai.....Sekarang kamu memiliki kanopy pesawat yang aman dan bisa di buka tutup kapan pun kamu mau.
Cara ini selain digunakan untuk pemasangan kanopy, dapat digunakan
juga buat yang lain, seperti cowl, tutup dudukan servo pada sayap. dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar