Kamis, 31 Mei 2012

Pemasangan Canopy bisa bongkar pasang

Pada prinsipnya pemasangan canopy ada 2 macam :
1. di lem. ini cara terkuat, kanopy tidak akan terlepas waktu terbang. namun kelemahannya apabila terjadi masalah didalam canopy seperti boneka pilotnya terlepas, maka canopy sudah tidak bisa dibuka lagi. disamping itu bekas pengeleman akan menyebabkan cacat seperti kabut pada kanopynya.
2. Di Baut. Cara ini juga banyak di gunakan para modeller untuk memasang kanopy pesawatnya. Namun perlu di ingat balsa tidak dapat menahan baut dengan baik, sehingga getaran yang terjadi pada pesawat akan menyebabkan baut kendor dan terlepas.

ini ada sedikit trik bagaimana memasang kanopy dengan system baut, namun memiliki kekuatan yang cukup sehingga baut tidak akan terlepas dari kanopy

A.Trim Kanopy terhadap pesawat, pastikan kanopy sudah berada pada posisi yang diinginkan, gunakan lakbar kertas untuk menahan canopy agar tetap pada posisi yang di inginkan.


B. Tandai bagian bagian kanopy yang akan dilubangi untuk baut, gunakan alat yang tajam untuk menandainya.


C. Gunakan mata bor 1.5 mm, dan lubangi canopy yang telah di beri tanda tadi, pastikan pengeboran tegak ke arah bawah sehingga kanopy tidak akan tertekuk pada waktu pemasangan baut.


D.Pindahkan dahulu kanopynya, kemudian bor balsa dengan menggunakan mata bor 3 mm dengan kedalaman sekitar 1-1.5 mm.


E. Nah ini inti dari tripnya, gunakan nylon rod, masukan pada bagian yang telah di bor tadi sedalam 1-1.5, potong dan lem dengan menggunakan CA


F. Pasang kembali kanopy pada posisi, paskan nylonnya, sisakan sedikit nylon sehingga bisa berfungsi sebagai damper juga.


G. selesai.....Sekarang kamu memiliki kanopy pesawat yang aman dan bisa di buka tutup kapan pun kamu mau.


Cara ini selain digunakan untuk pemasangan kanopy, dapat digunakan juga buat yang lain, seperti cowl, tutup dudukan servo pada sayap. dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar